Sunday, May 14, 2017

Ulasan tentang File System

Dalam tulisan ini, saya akan mencoba mengulas video youtube yang menjelaskan secara singkat apa itu file system. Video ini berjudul "File Systems as Fast As Possible" dan diunggah oleh kanal Techquickie. Selain itu, video ini juga hanya berdurasi sekitar 5 menit 45 detik.

File system menurut video ini adalah cara komputer untuk mengingat atau mengorganisasi semua file yang ada di dalamnya. Ia membagi media penyimpanan, seperti hdd atau ssd, menjadi unit-unit kecil yang menyimpan file tersebut dan memiliki cara untuk mengingatnya. Untuk lebih jelasnya, akan dibahas beberapa file system yang pernah ada (FAT, FAT32, NTFS).

FAT membagi media penyimpanan menjadi banyak cluster dan mengingat file apa saja yang berada pada cluster tersebut melalui sebuah table. FAT hanya mampu mengatasi partisi sampai sebesar 2GB dan kurang efisien dalam pengelolaannya. FAT32 adalah hasil perbaikan dari FAT, namun masih tetap belum mampu mengatasi partisi yang memiliki ukuran lebih besar dari 2GB. Setelah itu terciptalah NTFS (New Technology File System) yang lebih efisien, dapat mengatasi banyak partisi yang berukuran ratusan TB, dan dapat menyimpan individual file yang sangat besar ukurannya.

Menurut saya, video ini sudah cukup bagus dalam penyampaian kontennya. Video ini menyampaikan konten dengan menarik melalui narasi yang singkat, padat, dan jelas. Video ini pun memiliki visualisasi yang bagus, sehingga penonton tidak bosan dan dapat terus fokus memperhatikannya.

Github Account : gilangmlr
URL Ulasan : https://gilangmlr-os171.blogspot.com/2017/05/ulasan-tentang-file-system.html
URL Video : https://youtu.be/BV0-EPUYuQc
Video Author : Techquickie
Pemetaan: week09
Revisi Pertama: 15 Mei 2017
Revisi Terakhir: 15 Mei 2017

No comments:

Post a Comment